Pelatihan Tutorial Uji Similaritas Turnitin Bagi Dosen FISIPOL UPN "Veteran" Yogyakarta | UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

Plagiarisme marak di mana-mana. Ironisnya, di kalangan akademisi, plagiarisme ini bahkan menjamur dan menjadi penyakit kronis yang sulit dihilangkan. Tindakan plagiat atau menjiplak karya asli milik orang lain tanpa izin atau tanpa mencantumkan sumbernya ini kemudian diantisipasi dengan munculnya webside turnitin.com. Website ini menyediakan aplikasi pendeteksian plagiasi sampai 100%.

Rabu, 29 Januari 2019 lalu, UPT Perpustakaan UPN "Veteran" Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Turnitin bagi semua Koorprodi  Fakultas/Jurusan masing-masing di UPT Perpustakaan UPN "Veteran" Yogyakarta. Pada kesempatan itu, sekaligus UPT Perpustakaan memperkenalkan aplikasi ini kepada jajaran pimpinan prodi  untuk dilatihkan kembali kepada semua dosen, terutama yang membimbing skripsi, tesis, dan disertasi.

Menindaklanjuti kegiatan tersebut, pada Rabu, 29 Januari 2019 lalu, pukul 09.00-11.00 dilaksanakan Pelatihan Turnitin bagi para dosen   FISIPOL UPN "Veteran" Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan Pusat UPN "Veteran" Yogyakarta ibu Sri Lestari.  Semua terlihat sangat antusias mempelajari Turnitin ini dan mencoba langkah demi langkah sesuai arahan pelatih dan buku panduan yang telah dibagikan. Semua peserta praktik langsung mendeteksi plagiasi dalam skripsi mahasiswa yang dibimbing.